Tips Menjaga Kehamilan


Tips Menjaga Kehamilan - Cara Cepat Hamil, kehamilan adalah merupakan suatu kejadian yang sangat di tunggu tunggu oleh setiap pasangan hidup. Apalagi bagi pasangan yang baru menikah sangatlah ditunggu banget. Kali ini blog Harga Terbaru mau update tentang tips menjaga kehamilan buat kamua semua. Langsung aja kita simak beberapa tips dalam artikel di bawah ini :


tips menjaga kehamilan

1) Olahraga – Wanita hamil perlu berolahraga, it sounds silly but it is important. Mudah kok … Wanita hamil cukup berjalan santai di rumah guna membiasakan diri dan olahraga ringan, seperti mengayuh sepeda statis selama 10 hingga 15 menit sebanyak 2 hingga 3 kai seminggu. Manfaat berolahraga tidak saja akan menambah bugar ibu hamil bahkan akan memudahkan proses persalinan serta mempercepat proses pemulihan tubuh pasca melahirkan kelak.

2) Diet Sehat dan Seimbang – Jangan pernah lagi mengkonsumsi makanan siap saji karena makanan ini akan membuat ibu hamil cepat lelah dan kehilangan semangat. Mulailah untuk mengkonsumsi makanan sehat yang bervariasi dan penuh nutrisi, dengan mengkonsumsi makanan sehat ibu hamil akan merasa lebih bugar dan nyaman. Beberapa makanan sehat yang dianjurkan adalah buah-buahan dan sayur-mayur segar, protein dan lemak -seperti alpukat dan minyak zaitun-, biji-bijian, serta jenis kacang-kacangan. Energi serta nutrisi dari jenis-jenis makanan tersebut akan membuat ibu dan jabang bayi lebihnsehat serta kuat.

3) Manjakan Diri – Memanjakan diri bagi ibu hamil perlu diperhatikan sebab hal ini merupakan bagian yang penting untuk dilakukan. Sudah banyak penelitian menyebutkan bahwa ibu hamil yang gembira akan menularkan perasaan moody-nya itu kepada janin di dalam kandungannya. Mekanismenya, ibu hamil akan mengalirkan neo transmitter berupa zat-zat rasa senang di saluran darah akibatnya sang bayi di dalam janin akan turut merasakan senang. Namun sebaliknya, jika ibu hamil selalu gelisah maka detak jantung akan berdegup kencang dan akan didengar oleh janin. Selain itu hormon pemicu stres juga turut meningkat. Resiko dari ibu hamil yang stres akan melahirkan bayi premature, bayi akan memiliki berat badan yang kurang dari standar, yang paling berbahaya, bayi akan keguguran. Santailah di rumah sambil menikmati minuman dingin yang segar serta alunan musik dengan irama yang menenangkan. So make yourself comfort and just have fun! 

4) Senangi Diri Sendiri – Ini sebagai bagian menerima diri Anda (ibu hamil) apa adanya. Saat hamil seorang wanita akan mengalami perubahan postur tubuh yang signifikan. Perut tentunya akan membesar, begitu pula dengan payudara. Dan beberapa bagian lain dari tubuh juga turut membesar. Apabila sudah menghadapi fase seperti ini, ya hadapi saja… Terimalah diri sendiri apa adanya, senangi diri sendiri, just relax! Pikirkan dan fokus bahwa tubuh Anda tengah merawat seorang tubuh lain dalam kandungan. Dan yakinlah bahwa perubahan tubuh tersebut merupakan sebuah upaya dalam merawat serta menjaga agar bayi dalam kandungan tetap sehat serta bisa tumbuh dengan sempurna hingga 9 bulan. Bila perlu tanamkan percaya diri yang kuat, Anda seorang ibu hamil yang seksi lebih seksi dari wanita mana pun.

5) Minum Air Putih Sebanyak-banyaknya – Air putih yang diminum mampu mengeluarkan racun dalam tubuh dan akan melancarkan pencernaan sehingga membuat ibu hamil berenergi dan bugar. Kurangi meminum air yang memiliki kandungan soda dan jus dengan berkadar gula sebab asupannya tidak baik untuk pertumbuhan janin. Gantilah dengan meminum susu rendah lemak, serta jus buah segar alami secukupnya.

6) Kurangi Kadar Garam pada Makanan – Ibu hamil sudah seharusnya mengurangi kadar garam dalam setiap makanan yang dikonsumsinya. Tingginya kadar garam akan menyebabkan pembengkakkan pada pergelangan kaki, telapak kaki, jari, hidung, serta wajah semasa kehamilan. Akibatnya, jamak sekali wanita hamil drop rasa percaya diri saat menjalani kehamilan. Sebagai gantinya, perbanyak asupan yang mengandung potasium serupa pisang, sebab pisang mampu membantu metabolisme cairan tubuh dan melawan efek sodium yang bisa menyebabkan retensi air (penahanan air di dalam tubuh). Potasium juga mampu menstabilkan tekanan darah setiap ibu hamil.

7) Konsumsi Vitamin Masa Prenatal – Masa prenatal adalah masa pertumbuhan atau konsepsi masa pembuahan sampai dengan masa pertumbuhan. Karakteristik masa prenatal adalah proses tahapan perkembangan dari mulai pembuahan sel hingga pembentukan organ tubuh. Oleh karena itu, untuk menjaga pertahanan tubuh janin senantiasa sehat diperlukan vitamin yang dikonsumsi ibu hamil. Dengan asupan vitamin di masa prenatal, vitamin akan mengeliminir rasa malas serta lelah ibu hamil, dan perasaan ingin selalu mengemil.

8) Mengurangi Asupan Gula – Rasa pening saat hamil bisa jadi dikarenakan terlalu banyak mengkonsumsi gula. Selain itu, mengkonsumsi gula dengan porsi berlebih bisa membuat tubuh cepat lelah dan ingin makan makanan dengan kandungan gula yang lebih banyak lagi. Akibatnya, kebutuhan insulin akan meningkat dan ini tidak baik untuk pankreas dalam tubuh. Untuk mengantisipasinya, jagalah kadar gula darah dalam tubuh agar tetap sehat dengan mengkonsumsi lebih banyak protein dan makanan yang mengandung biji-bijian sereal atau whole grain. Dengan begitu (mengkonsumsi protein dan makanan whole grain), tubuh akan menjaga gula darah tetap sehat, mencegah penurunan kadar gula darah secara drastis yang bisa membuat tubuh gemetar dan merasa ingin pingsan.

Demikianlah sekilas tentang tips menjaga kehamilan yang admin dapat share kali ini, dan semoga artikel diatas bermanfaat bagi anda yang sedang menjaga kandungan anda yang lagi ditunggu tunggu kehadirannya di dunia ini.